Teguh Prakosa: Tokoh Lintas Agama Jangan Sampai Lengah

  • Bagikan

TERASJATENG.COM, SOLO — Warga Kota Solo, terutama para tokoh lintas agama, jangan sampai lengah terhadap ancaman yang disebarkan melalui alat komunikasi modern seperti hand phone dan instangram dalam kemasan canggih.

Menurut  Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa, mereka  sering menggunakan narasi memakai embel-embel keagamaan yang mengajak orang melakukan tindakan anarkisme dan radikal.

“Kelengahan kita sebagai warga masyarakat sekaligus pemuka agama menjadi pelajaran berharga untuk tidak terulang lagi. Kita semua harus selalu waspada terhadap anasir taknterlihat. Kelengahan kita melawan provokasi yang disebar melalui HP dan IG bisa jadi dapat membawa bencana,” kata Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa, di depan komunitas tokoh agama, di Solo, Kamis (8/4/2021).

Teguh meminta agar setiap unsur yang ditengarai membawa provokasi bisa ditangkal sedini mungkin oleh tokoh-tokoh lintas agama.

“Ini agar kejadian mengerikan yang membawa korban dapat diminimalisir sedini mungkin.Apa lagi Solo ini  dikenal sebagai kota sumbu pendek, cepat tersulut kobaran yang sangat menakutkan bila terjadi,” katanya.

“Efeknya bisa menasional, seperti tahun-tahun silam. Saya kira kita semua wajib menjaga kehidupan yang nyaman tenteram dan damai tinggal di Solo. Menjadi kewajiban ita semua untuk merawatnya.”

Pemerintah Kota Solo menyambut baik peran serta para tokoh agama untuk menjaga ketentraman dan kedamaian warga kota.

“Kalau ditanya pada semua orang pasti akan senang bila kota tempat tinggalnya tenang dan damai. Peranan itulah yang menjadi tanggungjawab para tokoh agama untuk meredam gejolak yang menjadi pemicu perpecahan dan kedamaian,” tandasnya.

Eddy J. Soetopo

  • Bagikan